Pendakian Gunung Merbabu – Salatiga, Jawa Tengah (18-20 Mei 2012)

Top Of Merbabu Mountain
Top Of Merbabu Mountain

Disini kami ingin bercerita dan ingin berbagi informasi sekitar pendakian Gunung Merbabu pada tanggal 18 s/d 20 Mei 2012, dalam pendakian ini banyak cerita yang terukir dalam setiap langkah kami, yang ingin kami bagi buat teman-teman yang mungkin belum sempat melakukan pendakian di gunung ini (Merbabu.red).

Oh iya hampir lupa untuk memperkenalkan diri kami. Dalam pendakian ini kami terdiri dari 18 orang yang dimana yang menggunakan transportasi kereta api berjumlah 14 orang dan yang menggunakan fasilitas transportasi bus ada 3 orang dan yang sudah menunggu di Jogja ada 1 orang dan jumlah secara keselurahan dari pendakian ini ada 18 orang dan nama2 kami tertera pada gambar paling bawah, yang kemudian semua nya akan bertemu di Salatiga. Kami terdiri dari mahasiswa sebuah Perguruan Tinggi Kedinasan di Jakarta.

Berawal dari ide seorang anggota team yang ingin mendaki Gn. Merbabu dengan ketinggian gunung adalah 3.142 mdpl,maka rencana tersebut disetujui oleh Saudara Ketua Wanasetya untuk menetapkan pendakian pada tanggal 18 Mei 2012, yang kemudian setelah rencana disusun dengan mantap. Kami berangkat dari Jakarta pada tanggal 16 Mei 2012 dengan menggunakan transportasi Kereta Api (K.A) dengan jurusan Stasiun Semarang-Poncol. Kami berangkat dari Jakarta pada jam 13:00 WIB dengan Stasiun awal adalah Stasiun Tanah Abang – Jakarta.

Di sepanjang perjalanan menuju ke daerah Semarang, banyak cerita yang terukir, diantaranya adalah:

The Great Team
penuh tawa dengan menghilang kejenuhan di kereta

Saat kami ingin naik ke kereta api, kami menghadapi PAMWAL KA yang baru magang yang mengakibatkan kami agak terlambat masuk ke dalam  kereta, dengan kemudian disusul dengan pembagian tempat duduk dalam kereta api sehingga membuat semua mata penumpang kereta tersebut tertuju pada kami,🙂 . Kemudian kereta api mulai beranjak pergi dari Stasiun Tanah Abang, dalam perjalanan selanjutnya kami bermain kartu sambil menghabiskan waktu yang sudah mulai jenuh dalam panjang nya perjalanan tesebut.

Semua stasiun kereta telah kami singgahi dan pada tanggal 17 Mei 2012 jam 00:30 WIB sampailah kita pada stasiun Semarang-Poncol, dan kemudian pada stasiun inilah kami beristirahat untuk melakukan beberapa kegiatan, seperti ada yang melakukan ibadah shalat dan ada yang tidur dan adapula yang melanjutkan permainan kartu sambil menunggu pagi tiba untuk melanjutkan perjalanan menuju ke daerah Salatiga. Waktu terus berlalu hingga tak terasa senja telah tiba dan disusul dengan pagi cerah nya Kota Semarang, kemudian akami memperiapkan diri dan mencari tranportasi untuk menuju wilyah Salatiga dan pada akhirnya kami menaiki bus 1/4 menuju wilayah salatiga. Sesampai nya kami di daerah Salatiga kami langsung mencari sarapan pagi untuk mengisi perut yang semenjak malam belum terisi. Pada saat kami sampai disebuah Warung Tegal (WARTEG) kami mulai menyusun rencana lagi, antara lain berbelanja Logistik dan keperluan pribadi untuk sebagai perbekalan dalam pendakian berlangsung. Setelah semua nya sudah siap kami bergerak mencari transportasi bus 1/4 untuk sampai di base camp I yaitu didaerah Tekelan.Kami tiba pada daerah sekitar jam 10:30 Waktu setempat, dan kemudian kami beristirahat sejenak hingga sampai pada jam 13:00 waktu setempat untuk memulai pendakian.

Tiduran di Setasiun Semarang Poncol
Tiduran di Setasiun Semarang Poncol

Membicarakan rencana bt esok hari
Membicarakan rencana bt esok hari

saat tiba didaerah semarang-pocol dengan penuh kagum
saat tiba di setasiun semarang-poncol dengan penuh kagum